Sabtu, 07 Mei 2016 10:30

Pewilayahan Sumber Bibit

Written by
Rate this item
(2 votes)

Bibit ternak merupakan salah satu sarana produksi strategis untuk meningkatkan produktivitas ternak. Ketersediaan bibit ternak yang berkualitas dan berkelanjutan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bibit ternak nasional. Untuk itu, agar pembibitan ternak lebih terfokus diperlukan penetapan wilayah sumber bibit yang memenuhi kriteria jenis dan rumpun ternak, agroklimat, kepadatan penduduk, sosial ekonomi, budaya, serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain kriteria di atas, hal yang tidak kalah diperhatikan adalah masalah kesehatan hewan. Wilayah yang diusulkan untuk ditetapkan haruslah dilakukan surveilan Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) secara berkala.

 

Landasan yang digunakan dalam penetapan wilayah sumber bibit ternak adalah Peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/OT.140/9/2011 tentang Pewilayahan Sumber Bibit tanggal 6 September 2011 juncto Peraturan Menteri Pertanian Nomor 64/Permentan/OT.140/11/2012 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/OT.140/9/2011.

 

Tujuan dengan adanya pewilayahan sumber bibita antara lain membentuk wilayah/daerah pemurnian ternak asli/lokal Indonesia, sehingga ternak asli/lokal Indonesia dapat lestari, mewujudkan dan menjamin ketersediaan bibit ternak baik secara jumlah maupun mutu.

 

Sampai saat ini Menteri Pertanian sudah menetapkan dua wilayah sumber bibit, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan sebagai Wilayah Sumber Bibit Itik Alabio dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan sebagai Wilayah Sumber Bibit Sapi Bali. Dan saat ini sudah ada 18 wilayah yang mengusulkan untuk ditetapkan sebagai wilayah sumber bibit, diantaranya Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah untuk Sapi PO dan Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat untuk Sapi Bali.

Read 126 times Last modified on Sabtu, 07 Mei 2016 10:44
Administrator

Mohon maaf atas ketidaknyamanan apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam konten website ini dan Semoga anda dapat memperoleh informasi-informasi yang anda butuhkan di Website ini.

Downloadhttp://bigtheme.net/joomla Joomla Templates