Sekretariat

Ditulis oleh Administrator on . Posted in Bidang Organisasi

SEKRETARIAT

Uraian Tugas pokok dan fungsi Sekretaris :

  1. Menyusun program kegiatan Sekretariat sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas
  2. Mendistribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan sehinggga pelaksanaan tugas berjalan lancar.
  3. Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan.
  4. Membuat konsep, mengoreksi, memaraf dan menandatangani naskah dinas;
  5. Mengkuti rapat-rapat sesuai dengan bidang tugasnaya.
  6. Melaksanakan koordinasi kepada seluruh bidang serta menyiapkan bahan penyusunan program Dinas Peternakan;
  7. Melakanakan koordinasi perencanaan dan perumusan kebijakan teknis di lingkungan Dinas Peternakan;
  8. Melaksanakan koordinasi pelayanan kegiatan dalam lingkungan dinas sehingga terwujud koordinasi, sinkronisasi dan integrasi pelaksanaan kegiatan;
  9. Mengkoordinasikan pelaksanan, pengendalian, dan evaluasi penyusunan laporan akuntabilitas kinerja Dinas Peternakan;
  10. Mengkoordinasikan dan melaksanakan pengolahan dan penyajian data dan imformasi;
  11. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelayanan ketatausahaan, pelayanan administrasi umum dan kepegawaian serta administrasi keuangan
  12. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan organisasi dan tatalaksana dalam lingkungan Dinas Peternakan;
  13. Melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan rumah tangga Dinas Peternakan;
  14. Melaksanakan kegiatan kehumasan;
  15. Melaksanakan dan mengkoordinasikan administrasi pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan barang;
  16. Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas sekertariat dan memberikan saran pertimbangan kepada atasan sebagai bahan perumusan kebijakan;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai bidang tugasnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

 

Sekretariat  terdiri dari  :

 

1.  Sub Bagian Umum

Sub Bagian Umum mempunyai tugas : 

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. menerima, memeriksa alamat surat masuk;
  3. menandatangangi tanda terima surat atau naskah dinas lainnya;
  4. mencatat surat masuk dan keluar di dalam buku agenda;
  5. memberi lembaran disposisi surat masuk;
  6. meneruskan surat yang telah diagenda dan diberi lembar disposisi kepada kepala dinas;
  7. mendistribusi surat sesuai isi disposisi kepala dinas kepada kepala bagian/kepala bidang;
  8. menindaklanjuti surat sesuai isi disposisi pimpinan;
  9. mengarsipkan lembaran arsip surat masuk dan surat keluar yang telah diberi nomor agenda;
  10. menerima dan membaca konsep ketikan surat serta memperbaiki sesuai petunjuk pembuat konsep;
  11. mengetik dan menyerahkan hasil ketikan surat kepada pembuat konsep;
  12. memberi layanan kebutuhan alat tulis kantor;
  13. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.  

2.  Sub Bagian Penyusunan Program

Sub Bagian Penyusunan Program  mempunyai tugas : 

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. mengumpulkan data dan informasi yang berhubungan dengan perencanaan kegiatan Dinas;
  3. menyusun konsep pengintegrasian perencanaan dalam lingkup Dinas;
  4. mengumpulkan bahan-bahan RKA dan DPA yang telah disusun oleh masing-masing PPTK;
  5. melaksanakan inventarisasi dan kompilasi RKA dan DPA yang telah diserahkan oleh masing-masing PPTK untuk dijadikan bahan perencanaan pokok Dinas;
  6. menyusun konsep sinkronisasi dan2integrasi perencanaan yang disusun oleh masing-masing bidang dan sekretariat Dinas;
  7. melaksanakan inventarisasi permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan proses penyusunan perencanaan kegiatan kerja Dinas;
  8. mengumpulkan bahan dan data dalam rangka penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Dinas;
  9. mengumpulkan bahan dan data dalam rangka penyusunan Rencana Kerja (Renja) Dinas;
  10. mengumpulkan bahan dan data dalam rangka penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP) Dinas;
  11. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

3.  Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. mempersiapkan proses administrasi terkait dengan penatausahaan keuangan daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. mengajukan dokumen Surat Permintaan Pembayaran Ganti Uang Persediaan (SPP-GU) untuk memperoleh persetujuan dari pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran melalui Pejabat Pengelola Keuangan – Satuan Kerja Perangkat Daerah (PPK-SKPD) dalam rangka ganti uang persediaan;
  4. mengajukan dokumen Surat Permintaan Pembayaran Tambahan Uang Persediaan (SPP-TU) untuk memperoleh persetujuan dari pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran melalui Pejabat Pengelola Keuangan – Satuan Kerja Perangkat Daerah (PPK-SKPD) dalam rangka tambahan uang persediaan;
  5. melaksanakan pembukuan setiap transaksi keuangan pada buku kas umum;
  6. mendistribusikan uang kerja kegiatan kepada Pembantu Bendahara kegiatan sesuai dengan jadwal kegiatan atas persetujuan pengguna anggaran;
  7. meneliti, mengoreksi dan menandatangani Surat Pertanggungjawaban (SPJ) atas pengeluaran kas beserta lampirannya dan laporan bulanan yang akan diajukan kepada pengguna anggaran untuk disampaikan ke Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah ;
  8. meneliti kwitansi dan dokumen pembayaran;
  9. menerima, menyimpan dan membayar uang;
  10. menandatangani cek pembayaran uang;
  11. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 

 

Downloadhttp://bigtheme.net/joomla Joomla Templates

Alamat Kantor

logo kab barruDinas Peternakan Kabupaten Barru

Website Dinas Peternakan, merupakan interaksi diantara pemerintah dan masyarakat, pemerintah dengan pebisinis dan antar pemerintah menjadi semakin akrab, nyaman, transparan dan tidak mahal

home   Jalan H.M. Saleh Lawa No. 48. 90711. Kab. Barru

phone   0427 - 21156

mail   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.